×

ZEROS

20 Alat Musik Ritmis dan Cara Memainkannya

페이지 정보

작성자 Hermelinda 댓글 0건 조회 2회 작성일 22-07-01 13:58

본문

Walaupun terdapat berbagai macam jenis alat musik tradisional maupun alat musik modern yang ada, alat musik ritmis merupakan tipe alat musik yang tidak terlupakan karena merupakan elemen penting dalam sebuah lagu.

Alat musik ritmis merupakan alat musik yang tidak dapat membunyikan nada-nada tertentu, melainkan hanya dimainkan sebagai pengiring irama dan pengatur tempo lagu. Setiap alat musik ritmis punya bentuk dan cara memainkan yang berbeda. Ada alat musik ritmis yang dapat mengeluarkan suara saat dipukul, diguncang, atau digesek.

Ingin tahu berbagai jenis musik ritmis beserta cara memainkannya? Yuk simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Contoh Alat Musik Ritmis
1. Guiro
Güiro merupakan alat musik ritmis yang berasal dari Republik Dominika. Alat musik ini memiliki bentuk yang mirip dengan paritan dapur. Alat ini dimainkan dengan garpu kawat atau pengikis yang jangkauannya bervariasi. Kamu hanya menggesekan Guiro ke arah vertikal atau horizontal hingga bersuara.

2. Cajon
Cajon memiliki bentuk kubus yang terbuat dari kayu atau triplek yang di belakangnya memiliki lubang. Alat musik ini biasa dimainkan untuk pengganti drum dan dimainkan saat ada nyanyian akustik. Alat musik ini dimainkan dengan memukul bagian depan cajon dengan posisi pemain duduk di atasnya.

3. Kenong
Alat musik ritmis berikutnya adalah Kenong. Alat ini merupakan bagian dari gamelan Jawa. Kenong adalah pengisi harmoni dalam gamelan dan menegaskan irama. Alat ini dimainkan dengan cara dipukul oleh satu alat pemukul dengan kayu yang dililitkan oleh kain. Jumlah satu set kenong adalah 10 buah.

4. Gender
Menjadi pelengkap gamelan Jawa dan Bali, Gender merupakan salah satu alat musik pukul logam yang memiliki 10 hingga 14 bilah logam kuningan yang bernada. Bilah tersebut digantungkan pada berkas di atas resonator yang terbuat dari bambu atau seng. Alat musik ini diketuk dengan pemukul yang berbentuk bundar yang terbuat dari kayu berlapis kain, Toppers. Gender memiliki tangga nada yang berbeda-beda.

5. Conga
Alat musik yang satu ini berasal dari Afrika, Toppers. Conga adalah alat musik yang bentuknya menyerupai kendang dan dipasang menggunakan besi, Lapak Satria Toppers. Alat musik ini banyak digunakan sebagai alat ritmis pukul dalam musik pop modern. Conga modern banyak terbuat dari serpihan kayu atau fiberglass, Toppers.

6. Bongo
Masuk ke dalam salah satu alat musik perkusi Latin, Bongo merupakan salah satu alat musik ritmis yang dipukul, Toppers. Kamu dapat memegang alat musik ini di antara kedua kaki dengan drum yang kecil disimpan di sebelah kiri. Dalam pembuatan secara tradisional, alat musik ini terbuat dari kulit binatang, seperti kerbau atau sapi.

7. Cowbell
Cowbell pada awalnya merupakan alat untuk memanggil sapi di pekarangan, Toppers. Namun, seiring waktu, Cowbell menjadi alat musik yang menjadi pelengkap dalam sebuah perkusi. Alat musik ritmis ini dapat dimainkan cukup mudah, kamu hanya perlu memukul alatnya menggunakan stik kayu hingga mengeluarkan suara yang nyaring.

댓글목록

등록된 댓글이 없습니다.